Jusman, Jusman (2018) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Field Independent dan Field Dependents Siswa Kelas X Materi Trigonometri. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
Preview |
Text
COVER.pdf |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf |
Preview |
Text
PUBLIKASI.pdf |
Preview |
Text
BAB I.pdf |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Field Independent dan Field Dependent
Kemampuan penalaran matematis siswa dipengaruhi gaya belajar sehingga penting menganalisis kemampuan bernalar siswa ditinjau daari gaya belajar. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa SMA ditinjau dari gaya belajar field independent dan field dependent siswa.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas X MIA1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang ditinjau dari gaya belajar field independent dan field dependent siswa pada sub pokok materi perbandingan trigonometri. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan penalaran dan Group Embedded Figures Test (GEFT) dan wawancara. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas X MIA 1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, yang terdiri atas tiga siswa bergaya belajar field independent dan tiga siswa bergaya belajar field dependent. Analisis data yaitu dengan reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar field independent : siswa mampu menyajikan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal, mampu menentukan pola dari soal dengan benar, mampu mengajukan dugaan rumus yang benar, mampu memberikan bukti terhadap kebenaran solusi, mampu melakukan manipulasi, mampu menarik kesimpulan dari hasil pekerjaanya. Secara umum, sebagian besar siswa dengan gaya belajar ini memiliki kemampuan penalaran yang baik. Sementara siswa dengan gaya belajar field dependent : Siswa mampu menyajikan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal, belum mampu menentukan pola dari soal dengan benar, mampu mengajukan dugaan rumus yang benar, belum mampu memberikan bukti terhadap kebenaran solusi, belum mampu melakukan manipulasi, serta belum mampu menarik kesimpulan dari hasil pekerjaanya dengan baik. Secara umum, sebagian besar siswa dengan gaya belajar ini masih kurang kemampuan penalarannya.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:09 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:09 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |