Octaviana, Arum (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP DEMOKRASI SISWA PADA MAPEL PKN KELAS 6 DI SDN BANGETAYU WETAN 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (276kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (161kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (376kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (298kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (234kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (354kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (614kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (877kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (278kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap prestasi belajar dan sikap demokrasi siswa pada mapel PKn kelas VI di SDN Bangetayu Wetan 02 Semarang. Pelaksanaa penelitian pada hari selasa, 13 maret 2018 dan hari rabu, 14 maret 2018. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen satu kali mengajar. Sebelum mengajar peneliti melakuakn pre test sebelum diberi perlakuan Scramble untuk mendapat data awal, setelah itu dilakukan post-Test sebagai data akhir. Uji hipotesis melalui program SPSS for windows versi 16.0. Hasil perhitungan indpenendent sampel t-Test didapat hasil sig. (2-tailed) = 0,000 sehingga H ditemia. Berdasarkan hasil pengujian paired Lower = -35,64022 dan Upper = -26,48099 dengan nilai sig. 0,000 < = 0,05 sehingga H diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan prestasi belajar siswa sebelum diberi perlakuan (Scramble) dan setealah diberi perlakuan (Scramble). Terdapat perbedaan antara rata-rata sikap demokrasi siswa dengan model pembelajaran scramble lebih besar dari rata-rata sikap demokrasi ssiswa menggunakan model konvensional yang biasa digunakan guru. Dari uji independent sampel t tes mendapat hasil sig. (2-tailed) = 0,000 sehingga H diterima. Model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap prestasi belajar dan sikap demokrasi siswa terbukti dari meningkatnya prestasi belajar siswa setelah diberi perlakuan. Hasil perhitungan mencari pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap pprestasi belajar dan sikap demokrasi sisswa menggunakan uji manova menggunakan analisis Hotelling’s trace mendapat nilai sig. 0,817 dan Roy’s Largest root 0,402 sehingga H ditolak. kriteria uji manova jika nilai signifikansi < 0,05 H diterima dan jika nilai sig. > 0,05 maka H ditolak. Sehingga pengaruh mode pembelajaran Scramble terhadap prestasi dan sekap demokrasi siswa teradapat pengaruh yang signifikan.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Prestasi Belajar, Sikap Demokrasi Siswa

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:14
Last Modified: 05 Oct 2018 04:14
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11393

Actions (login required)

View Item View Item