Handayani, Lina (2018) KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MODEL BERPIKIR INDUKTIF DAN MODEL SAINTIFIK BERBANTU MEDIA VIDEO GUBUG DONGENG PADA PEMBELAJARAN MENULIS FABEL DI KELAS VII SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (93kB)
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (752kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (110kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (393kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (239kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (396kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (346kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (357kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (89kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (797kB)

Abstract

Kata kunci: Menulis Fabel, Model Berpikir Induktif, Model Saintifik, Video Gubug Dongeng.

Keterampilan menulis fabel merupakan salah satu pembelajaran di kelas VII A dan VII B SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti, diketahui bahwa pembelajaran menulis fabel masih perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model Berpikir Induktif dan model Saintifik berbantu media video Gubug Dongeng pada pembelajaran menulis fabel. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis antara kelompok yang menggunaan model Berpikir Induktif dan model Saintifik berbantu media video Gubug Dongeng, (2) untuk mengetahui tingkat keefektivan penggunaan model Berpikir Induktif dan model Saintifik berbantu media video Gubug Dongeng, serta (3) untuk mengetahui perubahan sikap siswa sesudah penggunaan model Berpikir Induktif dan model Saintifik berbantu media video Gubug Dongeng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menulis fabel kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbedaan tersebut ditunjukkan dari hasil analisis uji-t data postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan 0,588 >0,05 dan 0,600> 0,05. Selanjunya, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model Berpikir Induktif lebih efektif dibandingkan dengan model Saintifik. Hal ini dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata pada saat postes berlangsung yaitu 80,26 dan 79,09 yang berselisih 1,17. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap siswa sesudah menggunakan model Berpikir Induktif dan model Saintifik berbantu media video Gubug Dongeng . Hal tersebut dapat dilihat pada hasil uji-t sebesar 0,541>0,05 dan 0, 550>0,05.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:55
Last Modified: 05 Oct 2018 04:55
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11331

Actions (login required)

View Item View Item