Conisa, Nurul (2018) KORELASI ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK KY AGENG GIRI MRANGGEN. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (801kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (156kB)
[thumbnail of PUBLIKASI_1.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

| Preview Download (100kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (99kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (385kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (352kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (348kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (470kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Korelasi Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Di SMK Ky Ageng Giri Mranggen. Kemandirian Belajar yang dimaksud disini adalah kegiatan belajar yang dilakukan secara berlangsung dengan terdorongnya oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri dari pembelajaran. Kemandirian belajar peserta didik diperlukan dalam pembelajaran agar mereka memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya dengan teratur dan disiplin.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini perlu adanya diuji kebenarannya secara empiris dalam hipotesis penelitian yaitu masalah ini apakah H0 (ditolak) atau Ha (diterima). Jenis sumber data dalam penelitian ini terdapat data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation (PPMC) atau “r” (rhitung). Hasil dari analisis data yang menggunakan rumus PPMC atau disebut rhitung akan dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1%. Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat korelasi antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Ky Ageng Giri Mranggen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dalam rumus PPMC dan diujikan kebenaran yaitu dari rhitung 0,467 dan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,297 dan 1% = 0,384, artinya rhitung > rtabel (0,467 > 0,384) pada taraf 5% maupun 1%. Jadi, disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI.

Kata kunci : Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:46
Last Modified: 03 May 2018 01:46
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item