Ekapuspita, Shintya (2018) STUDI KOMPARATIF: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI DESA GONDORIYO. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (275kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: perkembangan anak usia dini (3-6 tahun) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih komplek dalam pola yang teratur sebagai hasil dari suatu proses pematangan. Secara umum ada 2 faktor yang mempengaruhi perkembangan, diantaranya adalah hereditas dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan sangat mendukung akan perkembangan anak, salah satunya yaitu lingkungan sekolah PAUD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan anak yang mengikuti dan tidak mengikuti PAUD.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah Study cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar DDST II. Jumlah responden sebanyak 92 anak yang terdiri dari 40 anak mengikuti PAUD dan 52 anak tidak mengikuti PAUD dengan teknik total sampling. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square.

Hasil: Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 92 responden penelitian, anak yang mengikuti PAUD memiliki perkembangan normal 82,5%, dan anak yang tidak mengikuti PAUD memiliki perkembangan normal 51,9%. Hasil uji Chi-Square diperoleh nilai p-value = 0,004 atau p-value <0,05.

Simpulan: Ada perbedaan yang bermakna antara perkembangan anak yang mengikuti dan tidak mengikuti PAUD di Desa Gondoriyo.

Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Perkembangan anak

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:48
Last Modified: 03 May 2018 01:48
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10642

Actions (login required)

View Item View Item