Pertiwi, Dyah Mustikaning (2018) IMPLEMENTASI METODE DRILL (LATIHAN) DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIT AL KAUTSAR TOSARI, BRANGSONG, KENDAL. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (286kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (207kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (326kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (479kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (393kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (91kB)
[thumbnail of PUBLIKASI_1.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

| Preview Download (506kB)

Abstract

Metode drill (latihan) merupakan salah satu metode kontemporer yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu dengan melatih peserta didik untuk memperoleh keterampilan dan ketangkasan dalam menerima pelajaran. Adapun metode drill (latihan) diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di SDIT Al Kautsar untuk mempelajari pelajaran Al-Qur’an khususnya dalam membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Maka dari itu peneliti menarik judul penelitian yaitu “Implementasi Metode Drill (Latihan) dalam Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al Kautsar Tosari, Brangsong, Kendal”
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan metode drill (latihan) dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al Kautsar, Tosari, Brangsong, Kendal, untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode drill (latihan) dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al Kautsar, Tosari, Brangsong, Kendal, untuk mendeskripsikan evaluasi metode drill (latihan) dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al Kautsar, Tosari, Brangsong, Kendal.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Reseach) yaitu penelitian kualitatif yang mengambil langsung data dan informasi berlatar belakang SDIT Al Kautsar Tosari, Brangsong, Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan sekunder. Data Primer diperoleh dari kepala sekolah dan guru mata pelajaran Al-Qur’an dan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dari pihak tata usaha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data dan memverifikasi data yang telah di dapat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meliputi: 1) Perencanaan metode drill (latihan) di SDIT Al Kautsar sudah berjalan dengan baik, karena guru telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar, 2) Pelaksanaan metode drill (latihan) berjalan dengan baik dan sesuai dengan RPP yang telah disusun, 3) Evaluasi metode drill (latihan) dapat dikatakan sudah baik, karena dengan menerapakan metode drill (latihan) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melatih bacaan dan hafalan Al-Qur’an sesuai kaidahnya secara baik dan benar.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 May 2018 01:51
Last Modified: 03 May 2018 01:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item View Item