Nugroho, Arif Budi (2015) STUDI FENOMENOLOGI ATAS PENGALAMAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN MURID DI SLB NEGERI SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (1MB)

Abstract

Komunikasi Antar pribadi adalah salah satu metode pendekatan yang
dilakukan seorang guru sekolah luar biasa dalam proses belajar mengajar. Namun
demikian proses komunikasi antar pribadi guru dengan murid luarbiasa tidak
selalu berjalan lancar. Hal ini dikarenakan kelemahan dari masing-masing anak
berkebutuhan khusus dalam melakukan proses komunikasi, sehingga masingmasing
guru memiliki cara tersendiri untuk melakukan proses komunikasi dengan
muridnya.
Dalam penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik menggunakan
paradigma individu sebagai subjek utama dalam percaturan sosial, meletakkan
individu sebagai pelaku aktif dan proaktif. Pada dasarnya teori interaksi simbolik
mengetengahkan soal diri sendiri (the self) dengan segala atribut dunia luarnya.
Selain menggunakan Teori interaksi simbolik penelitian ini juga menggunakan
teori analisis transaksional,teori ini merupakan teori keperibadian dan tingkah
laku sosial yang dipakai untuk psikioterapi dan perubahan sosial yang lebih
umum, teori analisis transaksional adalah teori yang menghubungkan pada
hubungan interaksional. Hubungan transaksional ialah hubungan komunikasi
ant�ra seseorang dengan orang lain. Hal yang di analisis dari transaksionameliputi bentuk, cara dan isi dari komunikasi yang berlangsung. Metodologi yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Tipe
penelitian deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan dari kejadian
penelitian secara mendetail dan menyeluruh
Dalam pengalaman Komunikasi Antar pribadi guru dengan murid SLB
Negeri Semarang terlihat bahwa Instensitas Komunikasi berperan sangat penting.
Semakin instens seorang guru melakukan pendekatan dengan murid, guru akan
semakin mengenal karakter murid. Sehingg, guru lebih bisa memahami kebiasaan
murid serta akan memudahkan guru dalam proses penyampaian materi
pembelajaran. Pengalaman guru berkomunikasi dengan anak berkebutuhan
khusus, juga dipengaruhi oleh pribadi masing-masing guru. Sifat empati, simpati
dan memberi dukungan penuh kepada murid sangat berpengaruh terhadap
kemajuan murid.
Keyword : fenomenologi komunikasi, pengalaman komunikasi guru dan
murid SLB, guru dan murid berkebutuhan khusus

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Sep 2015 01:30
Last Modified: 03 Sep 2015 01:30
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item