GHOZALI, IMAM (2017) ANALISA RUGI PENGHANTAR REKONDUKTORING ACSR – ACCC SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI 150 KV MRANGGEN INCOMER. Undergraduate thesis, Fakultas Teknologi Industri UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (781kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (127kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (198kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (232kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (211kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (143kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (689kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (7kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (710kB)

Abstract

Saluran Udara Tenagan Tinggi Mranggen Incomer pada awalnya sebelum dilakukan proses uprating Konduktor , Transmisi Mranggen Incomer masih menggunakan system single phi dengan Saluran transmisi dari GI Ungaran – GI Mranggen 1 sirkit dan saluran transmisi dari GI Purwodadi – GI Mranggen 1 sirkit. Kedua line tersebut adalah jalur utama suplay daya ke GI Mranggen. Yang mana apabila salah satu jalur terkena ganguan suplay tegangan ke GI Mranggen akan hilang dan menyebabkan terjadinya blackout. Berdasarkan permasalahan yang timbul diatas akhirnya dilakukan proses rekonduktoring (Penggantian Konduktor) untuk merubah system single phi menjadi system double phi sehingga Jalur transmisi yang masuk GI Mranggen yaitu Line Ungaran dan Line Purwodadi dirubah menjadi dua sirkit. Yang semula menggunakan konduktor ACSR diganti menjadi konduktor ACCC.
Setelah Penggantian Konduktor tersebut diperlukan analisa mengenai rugi daya penghantar antara konduktor ACSR dengan konduktor ACCC yaitu dengan cara menghitung selisih antara daya yang dikirimkan dengan daya yang diterima, sehingga dapat ditentukan konduktor mana yang memiliki rugi daya penghantar lebih baik.
Dari Hasil analisa perhitungan rugi daya penghantar maka diperoleh data bahwa Line Ungaran-Mranggen 1 dan 2 rugi daya rata-rata pada saat beban puncak harian konduktor ACSR adalah sebesar 5.86 kW sedangkan pada konduktor ACCC adalah sebesar 2.75 kW. Pada SUTT Mranggen Incomer Line Ungaran-Purwodadi 1 dan 2 rugi daya rata-rata pada saat beban puncak harian konduktor ACSR adalah sebesar 13.39 kW sedangkan pada konduktor ACCC adalah sebesar 8.90 kW.

Kata Kunci : Rugi Daya Penghantar, ACSR, ACCC

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Mahasiswa FTI - Skripsi Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 07:01
Last Modified: 13 Feb 2018 07:01
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item View Item