Yuliani, Syukriyah Sitta (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS III SDN TAMBAKREJO 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (184kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (215kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (193kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (374kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (102kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (340kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (638kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (386kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (87kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III SDN Tambakrejo 2 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tambakrejo 02 Semarang yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa siklus I memperoleh persentase 79,12% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan memperoleh persentase 89,84% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan prestasi belajar siswa prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 76,32% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan memperoleh persentase 86,84% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambakrejo 02 Semarang.

Kata Kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:48
Last Modified: 13 Feb 2018 03:48
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10224

Actions (login required)

View Item View Item