Apriliyana, Apriliyana (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL MEA BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN KARANGROTO 04. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (880kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (351kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (8kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (155kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (92kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (313kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (407kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (642kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan tanggung jawab belajar siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran means-ends analysis berbatuan media blok pecahan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran means-ends analysis berbantuan media blok pecahan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Karangroto 04 yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab pada pra siklus dalam kriteria baik dan pada siklus I dalam kriteria baik dengan nilai klasikal 79%. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh rata-rata 58,25 dengan persentase ketuntasan belajar 26%. Dengan hal ini tanggung jawab dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih belum mencapai indikator keberhasilan yang di tentukan, sehingga perlu dilakasanakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II dalam kriteria sangat baik dengan nilai klasikal 84%. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 73,31 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diterapkannya model pembelajaran means-ends analysis berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan tanggung jawab dan kemampuan pemecahan masalah mateatika di kelas V SD Negeri Karangroto 04 tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci : Tanggung jawab, kemampuan pemecahan masalah matematika, MEA, media blok pecahan

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item