Setyoningsih, Suci (2017) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DI KELAS V SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
Abstract
Kemampuan kemandirian belajar siswa dan prestasi belajar secara umum masih rendah, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa. Model Pair Check digunakan sebagai model berbasis kooperatif sehingga siswa memiliki pengalaman berbicara, memberikan ruang kebebasan berpendapat serta menambah pengetahuan dalam diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan prestasi belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui model pembelajaran Pair Check siswa kelas V di SD Islam Darul Huda. Data tes di analisis dengan menggunakan tes evaluasi belajar dan angket kemandirian belajar yang diberikan dalam pelaksanaan 2 siklus. Lembar angket kemandirian belajar dipakai untuk mengukur peningkatan kemandirian belajar sedangkan tes evaluasi belajar digunakan untuk mengukur peningkatan prestasi belajar. Hasil yang di capai dalam penelitian ini tentang peningkatan kemandirian belajar adalah pada siklus I mendapat jumlah 308,53 dengan persentase 77,13% dan termasuk kriteria kemandirian belajar siswa baik. Pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat bagus, yaitu dengan jumlah 351,73 dengan persentase 87,93% termasuk pada kriteria kemandirian belajar siswa sangat baik. Kemudian untuk hasil tes evaluasi belajar siklus I mendapatkan rata-rata 66,72 dengan ketuntasan klasikal 68% dan untuk siklus II mengalami peningkatan rata-rata 81,92 dengan ketuntasan klasikal 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas V di SD Islam Darul Huda. Model Pair Check dapat diimplementasikan sebagai bahan kajian pembelajaran bagi guru untuk digunakan di kelas V SD Islam Darul Huda sebagai alternatif model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Pair Check, Kemandirian, dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 03:06 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 03:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9536 |
Actions (login required)
View Item |