Aslikah, Siti (2017) PENINGKATAN TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN SAWAH BESAR 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text
4. BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap toleransi siswa dan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas IV SDN Sawah Besar 01 pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi keanekaragaman suku bangsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV a SDN Sawah Besar 01 kecamatan Gayamsari kota Semarang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan toleransi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek toleransi siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase 80,1% dengan kriteria sikap toleransi siswa baik. pada siklus II diperoleh presentase 93,4% dengan kriteria sikap toleransi siswa sangat baik. adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan kelas 60%. Pada siklus II dengan dengan presentase ketuntasan kelas 95%. Adanya peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa yang ditunjukkan aktivitas guru siklus I mendapatkan skor rata-rata 76% dengan kategori baik, siklus II skor rata-rata 88% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 77,5% dengan kategori aktivitas siswa baik, siklus II mendapat skor rata-rata 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model mind mapping berbantuan dengan media audio visual dapat meningkatkan toleransi dan prestasi belajar PKn di kelas IV SDN Sawah Besar 01. Kata Kunci : Toleransi, Prestasi Belajar, Mind Mapping, Audio Visual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 03:06 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 03:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9533 |
Actions (login required)
View Item |