Nurma, Selvyn Yovye (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
BAB. V.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
||
Text
BAB. IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gebangsari 01. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gebangsari 01 yang berjumlah 81 orang siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Sampel penelitian diambil dengan cara random kelas (acak), untuk kelas eksperimen sebanyak 34 siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas kontrol sebanyak 34 siswa menggunakan pembelajaran Konvensional. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan tes yaitu meliputi nilai pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji beda rata-rata, dan uji uni variant (uji one sample t test). Berdasarkan uji one sample t test, hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN Gebangsari 01 dimana diperoleh nilai p = 0,016 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak atau Ha diterima. Hal ini dapat di lihat melalui perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2018 03:06 |
Last Modified: | 19 Jan 2018 03:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9532 |
Actions (login required)
View Item |