PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI MEMILIKI HARGA DIRI MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS III SDN SEMBUNGHARJO 01

Rizkia, Novi (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI MEMILIKI HARGA DIRI MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS III SDN SEMBUNGHARJO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor mata pelajaran PKn materi memiliki harga diri melalui model mind mapping berbantuan media audio visual di kelas III SDN Sembungharjo 01 Semarang, kecamatan Genuk, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB SDN Sembungharjo 01 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Adanya peningkatan hasil belajar kognitif pada setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh rata-rata 75,25 dengan persentase ketuntasan 87,5%. Sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 76,5 dengan persentase rata-rata 95%. Adanya hasil belajar afektif pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I memperoleh persentase 61% dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 84,25% dengan kriteria sangat baik. Adanya peningkatan hasil belajar psikomotor pada setiap siklusnya. Siklus I memperoleh persentase 77% dengan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 87% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi memiliki harga diri di kelas IIIB SDN Sembungharjo 01 Semarang. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Hasil Belajar Afektif, Hasil Belajar Psikomotor, Model Mind Mapping, Media Audio Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:33
Last Modified: 17 Jan 2018 01:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9442

Actions (login required)

View Item View Item