PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD ISLAM SULTAN AGUNG 4

Utami, Merien Sari (2017) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD ISLAM SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Explicit Instruction berbantuan media visual di kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerja keras dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase dengan ketuntasan klasikal 73,68% dan pada siklus I kriteria kerja keras siswa belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria kerja keras sangat baik dengan persentase klasikal 94,73%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan kelas 73%, meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 82 dan persentase ketuntasan kelas 89%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Instruction dengan berbantuan media visual dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar PKn kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Kata Kunci: Kerja Keras, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Explicit Instruction

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2018 01:33
Last Modified: 17 Jan 2018 01:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item View Item