Mardianti, Kiki Rizki (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA DAKOTA MATERI FPB KPK KELAS V SDN ASTANA GUNUNG JATI CIREBON. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Astana Gunung Jati Cirebon, menunjukkan bahwa kreativitas siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya rasa ingin tahu, kurangnya kepercayaan diri, kurangnya siswa dalam melibatkan diri dalam proses pembelajaran, kurang mencari pengalaman dalam belajar, serta siswa tidak memiliki keinginan atau dorongan dalam belajar. Selain itu kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai siswa yang masih dibawah KKM. Penelitian yang dilaksanakan termasuk kedalam penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui pendekatan Problem Solving berbantuan media dakota materi FPB KPK kelas V SDN Astana Gunung Jati. Subyek penelitian ini yaitu kelas V SDN Astana Gunung Jati yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan nontes. Untuk hasil angket kreativitas pada siklus I 66,56% dan pada siklus II mendapatkan 84,58% untuk hasil observasi kreativitas siklus I yang di lakukan oleh observer II mendapatkan presentase 62,65% dengan kriteria cukup baik sedangkan pada siklus II 90,60%. Untuk kemampuan pemahaman konsep, siklus I memperoleh ketuntasan belajar 29,17% denagn rata-rata siswa 63,33, sedangkan pada siklus II memperoleh ketuntasan belajar 83,33% dengan rata-rata 75,42. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Problem Solving dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN Astana Gunung Jati Cirebon. Kata Kunci : Kreativitas, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendekatan Problem Solving
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:32 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9414 |
Actions (login required)
View Item |