PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN DOMBO

Muzdalifah, Eva (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS IV SDN DOMBO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual di kelas IV SDN Dombo. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Dombo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa yang ditunjukan dalam setiap siklusnya. Hasil belajar dibagi menjadi tiga yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif pada nilai belajar siswa siklus I diperoleh 68,33 dan ketuntasan belajar klasikal 66,67%, pada siklus II nilai belajar diperoleh rata-rata 80,41 dan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Hasil ranah afektif pada siklus I diperoleh rata-rata 3 dengan kriteria baik dan siklus II 3,7 dengan kriteria sangat baik. Skor penilaian individual siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal 91,67% dengan kriteria sangat baik. Hasil ranah psikomotor pada ketrampilan motorik siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,43 dengan kriteria cukup dan siklus II diperoleh rata-rata 3,29 dengan kriteria sangat baik. Skor penilaian individual siswa sudah mencapai 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA dikelas IV SD N Dombo. Kata Kunci : Hasil belajar, model pembelajaran Problem Based Learning, Media audio visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 07:16
Last Modified: 15 Jan 2018 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9375

Actions (login required)

View Item View Item