Sari, Diana Ambar (2017) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA CUBICSUN KELAS VA SDN SAWAH BESAR 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
|
Text
4. BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi matematika melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media cubicsun siswa kelas VA SDN Sawah Besar 01 pada mata pelajaran Matematika materi Pengukuran Volume. Untuk meningkatkan kemandirian belajar melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media cubicsun siswa kelas VA SDN Sawah Besar 01 pada mata pelajaran Matematika materi Pengukuran Volume. Dari hari penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru siklus I diperoleh presentase sebesar 80,15%. Pada siklus II meningkat menjadi 88,75% dari jumlah seluruh siswa. Peningkatan juga terjadi pada observasi aktivitas siswa, dimana pada siklus I diperoleh presentase sebesar 74,58%. Pada siklus II meningkat menjadi 81,14% dari jumlah seluruh siswa. Adanya peningkatan pada komunikasi matematika, dimana siklus I, diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 57.08%. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa meingkat menjadi 80,38%. Kemandirian belajar siswa pada siklus I, diperoleh presentase sebesar 85,22% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,35% dari jumlah seluruh siswa. Kesimpulan dari keseluruhan hasil dari penelitian ini, yaitu penggunaan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media cubicsun dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, komunikasi matematika, dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Komunikasi Matematika, Kemandirian Belajar, Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Media Cubicsun
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 05:50 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 05:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9356 |
Actions (login required)
View Item |