PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA CUBICSUN KELAS VA SDN SAWAH BESAR 01

Sari, Diana Ambar (2017) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA CUBICSUN KELAS VA SDN SAWAH BESAR 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi matematika melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media cubicsun siswa kelas VA SDN Sawah Besar 01 pada mata pelajaran Matematika materi Pengukuran Volume. Untuk meningkatkan kemandirian belajar melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media cubicsun siswa kelas VA SDN Sawah Besar 01 pada mata pelajaran Matematika materi Pengukuran Volume. Dari hari penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru siklus I diperoleh presentase sebesar 80,15%. Pada siklus II meningkat menjadi 88,75% dari jumlah seluruh siswa. Peningkatan juga terjadi pada observasi aktivitas siswa, dimana pada siklus I diperoleh presentase sebesar 74,58%. Pada siklus II meningkat menjadi 81,14% dari jumlah seluruh siswa. Adanya peningkatan pada komunikasi matematika, dimana siklus I, diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 57.08%. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa meingkat menjadi 80,38%. Kemandirian belajar siswa pada siklus I, diperoleh presentase sebesar 85,22% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,35% dari jumlah seluruh siswa. Kesimpulan dari keseluruhan hasil dari penelitian ini, yaitu penggunaan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media cubicsun dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, komunikasi matematika, dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Komunikasi Matematika, Kemandirian Belajar, Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Media Cubicsun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 05:50
Last Modified: 15 Jan 2018 05:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9356

Actions (login required)

View Item View Item