Mardiana, Cica (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN KELAS III SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil observasi di kelas III SDI Darul Huda yang menunjukan masih kurangnya kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif yang ditunjukan dengan proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan masih kurangnya pengunaan media pembelajaran. Selain itu masih kurangnya nilai matematika yang ditunjukan dengan nilai ulangan tengah semester, masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran Index Card Match berbantuan media blok pecahan kelas III SDI Darul Huda. Subyek penelitian di kelas III B dengan jumlah siswa sebanyak 39. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus tediri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Index Card Match berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase kreativitas siswa dari siklus I 72,10% kriteria baik pada siklus II menjadi 89,19% kriteria sangat baik. Untuk kemampuan berpikir kreatif mengalami peningkatan, pada postes siklus I ketuntasan belajar 61,54% dan dengan rata-rata 59,03 dan persentase indikator kemampuan berpikir kreatif 59,03% pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan belajar 94,87% dengan rata-rata 80,36 dan persentase kemampuan berpikir kreatif sebesar 80,36% pada siklus II. Kata Kunci : Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Index Card Match, Media Blok Pecahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 05:49 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 05:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9341 |
Actions (login required)
View Item |