Kristiono, Cucuk (2017) MODEL PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI MELALUI GAYA KEPEMIMPINAN. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Image
PUBLIKASI.jpg Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan kinerja organisasi sekolah sangat dipengaruhi oleh kinerja guru dan staf, sedangkan keberhasilan kinerja guru dan staf sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mencari gaya kepemimpinan kepala sekolah yang ideal serta bagaimana strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru dan kinerja organisasidi SD Negeri wilayah Kecamatan Semarang utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologis dengan mengkaji objek penelitian yaitu peran serta gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap peningkatan kinerja organisasi sekolah dan peran guru terhadap peningkatan kinerjanya serta kinerja organisasi sekolah dalam satu konteks yang alami atau natural.Penelitian ini melibatkan wawancara dengan 30 orang narasumber yang terdiri dari 5 kepala sekolah, 20 guru dan 5 tenaga staf sekolah. Hasil penelitian kemudian dilakukan proses analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan kemudianmenyimpulkannya. Dari penelitian yang penulis lakukan terhadap kepala sekolah SDN di wilayah Kecamatan Semarang utara, sebagian besar bahwa kepala sekolah melibatkan guru untuk keputusan-keputusan strategis kepala sekolah, ide-ide dan gagasan dilakukan melalui rapat, melakukan komunikasi 2 arah antara pimpinan dan bawahan, kepala sekolah mendorong kreativitas bawahan melalui contoh kreativitas yang dilakukan oleh kepala sekolah sendiri, menerapkan keteladanan dalam memimpin bawahannya ,berperilaku yang baik di Sekolah, kepala sekolah membaur bersama bawahan, tanpa jaga jarak, kepala sekolah dan bawahan berjuang bersama untuk mencapai keberhasilan organisasi sekolah dan tak henti memberi semangat kepada bawahan terutama ketika bawahan sedang merasakan kejenuhan yang sangat terhadap aktifitas kerja mereka. Dari hasil penelitian tersebut diatasditemukan bahwa gaya kepemimpinan yang ideal dan banyak diterapkan kepala sekolah SDN di wilayah semarang utara adalahkombinasi gaya kepemimpinan demokratis, creative leadership dan mererapkan prinsip dasar kepemimpinan dari Ki hajar Dewantoro. Berdasarkan uraian pembahasan diatas, manfaat dalam menerapkan gaya kepemimpinan Demokratis, Creative leadership dan penerapan prinsip dasar kepemimpinan Ki Hajar Dewantoro dapat memicu peningkatan kinerja SDM, diantaranya peningkatan dalam hal kinerja guru dalam mengajar, guru dalam berdisiplin sehari-hari, meningkatkan kreatifitas guru dan menjaga serta meningkatkan kualitas kerja. Sedangkan peningkatan kinerja SDM secara otomatis berpengaruh pula dalam peningkatan kinerja organisasi sekolah, sehingga apa yang menjadi target peningkatan kinerja organisasi sekolah seperti kenyamanan dalam bekerja sehari-hari, peraihan prestasi sekolah dan banyaknya lulusan sekolah yang diterima di sekolah negeri selanjutnya mudah terpenuhi dan tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 06:39 |
Last Modified: | 11 Jan 2018 06:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9294 |
Actions (login required)
View Item |