Syafi’atun, Anis (2017) PENINGKATAN KEJUJURAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS V SDI DARUL FALAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di kelas VB SD Islam Darul Falah Banjardowo Kecamatan Genuk Kabupaten Semarang, ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS. Masih banyak siswa yang belum memenuhi KKM. Selain itu juga pembelajaran di kelas sebagian besar masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa cepat bosan dan monoton pada proses pembelajaran. Sehingga masih perlu usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran inovatif dengan berbantuan audiovisual. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kejujuran siswa pada mata pelajaran PKn mealui model pembelajaran index card match kelas VB SD Islam Darul Falah, meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran index card match kelas VB SD Islam Darul Falah dan meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS mealui model pembelajaran index card match kelas VA SD berbantuan media audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Islam Darul Falah Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran siswa siklus I mendapatkan presentase 73,6 % kriteria kejujuran baik. Pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu dengan presentase 85,69 % kriteria kejujuran siswa sangat baik. Adanya peningkatan aktivitas siswa yang ditunjukkan pada siklus I dengan presentase 62,61 % kriteria aktivitas siswa cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu dengan presentase 76,6 % kriteria aktivitas siswa baik. Prestasi siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar 68,18 %. Pada siklus II, diperoleh presentase ketuntasan belajar 86,88 % dari jumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran index card match dapat meningkatkan kejujuran siswa, aktivitas siswa dan prestasi belajar di kelas V B SD Islam Darul Falah Semarang. Saran dari peneliti, diharapkan guru dapat menggunakan terus memotivasi siswa untuk meningkatkan kejujuran dan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Kejujuran, Prestasi Belajar,Index Card Match
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:45 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8008 |
Actions (login required)
View Item |