Hafiizh M, Abdul (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS IV SD N JRAGUNG 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
Abstract
Abdul ,Hafiizh. 2017. peningkatan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia melaluimetode pembelajaran role playing di kelas IVSD N jragung 01skripsi. pendidikan guru sekolah dasar. fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing (I) Rida Fironika Kusuma Dewi, S.Pd, M.Pd. Pembimbing (2) Muhamad Afandi, S.Pd, M.Pd. Motivasi dan Prestasi belajar SD N Jragung 1 masih tergolong rendah. Diperlukan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prstasi belajar IVsd n jragung 01Metode yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran Rolle Playing. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan Prestasi belajar SD N Jragung 1. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya 2 pertemuan. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Jragung 01 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan motivasi siswa ditunjukan dengan peningkatan motivasi siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh jumlah skor 1026,5 dengan persentase 61% termasuk kriteria motivasi siswa cukup baik. Pada siklus II diperoleh skor 1441 dengan persentase 85% termasuk kriteria motivasi sangat baik. adanya peningkatan nilai belajar ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus. Prestasi siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 70,12 dengan persentase ketuntasan belajar 60,71%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,48 dengan persentase ketuntasan 89,29%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan Prestasi belajar di kelas IV SD Negeri Jragung 01. Kata Kunci : Motivasi, Prestasi, Metode Pembelajaran Role playing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:44 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7975 |
Actions (login required)
View Item |