PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN AUDIO VISUAL DIKELAS V SDN BANJARSARI 02

Trisnawati, Liza (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN AUDIO VISUAL DIKELAS V SDN BANJARSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Banjarsari 02 pada mata pelajaran IPS dengan materi arti dari keanekaragaman, arti semboya Bhineka Tunggal Ika, keragaman budaya di Indonesia, dan cara meghargai budaya daerah lain dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negri Banjarsari 02 dengan jumlah 31 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes objektif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes objektif. Validitas instrument diproses melalui expert judgement dari dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila apabila rata-rata kelas meningkat dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan kemampuan motivasi siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I dengan memperoleh nilai rata-rata 75% dengan kriteria mempunyai motivasi, siklus II memperoleh nilai rata-rata 85% dengan kriteria sangat mempunyai motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan, hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 67 meningkat menjadi 70 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 81. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif baik pada saat kegiatan tanya jawab maupun pada saat kegiatan kelompok. Kata kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Model PembelajaranTeams Games Tournaments

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:43
Last Modified: 24 Nov 2017 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7964

Actions (login required)

View Item View Item