Lisnawati, Nining (2017) ANALISIS KESALAHAN DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI ALJABAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
Abstract
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Operasi Aljabar, dan Prosedur Newman. Penelitiandilatarbelakangi oleh kesulitan belajar matematika mengakibatkan kesalahan matematika, sehingga mempengaruhi prestasi matematika siswa. Prestasi matematika siswa Indonesia masih rendah dilihat dari hasil survei Pusat Statistik Internasional untuk Pendidikan terhadap 41 negara dalam pembelajaran matematika, dimana Indonesia mendapatkan peringkat ke 39 di bawah Thailand dan Uruguay. Kesalahan matematika siswa dikenali dengan pembelajaran matematika berdasarkan kemampuan pemecahan masalah, diharapkan siswa bebas membangun ide-ide belajarnya sendiri. Upaya guru mengenali kesalahan siswa yaitu mendiagnosis kesulitan belajar yang mengarah pada kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman, kemudian guru akan melakukan pembelajaran remedial diharapkan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A2 di SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes diagnosis dan wawancara. Tes diagnosis disusun berdasarkan pengukuran kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengacu pada tahap-tahap pemecahan masalah menurut Polya, dimana mendiagnosis dilakukan analisis kesalahan menggunakan prosedur Newman. Hasil penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis kesalahan, peneliti menandai dan melokalisasikan letak kesulitan, sehingga diperoleh siswa yang kesalahan membaca, kesalahan memaknai, kesalahan transformasi, kesalahan proses, kesalahan menghitung, kesalahan menuliskan jawaban akhir, dan kesalahan karena tidak menjawab. Untuk mengetahui faktor intelektual penyebab kesalahan berdasarkan analisis hasil tes diagnosis dan wawancara diperoleh siswa tidak memahami soal yang diberikan, tidak teliti dalam membaca dan mengerjakan soal, lupa dan tidak memahami konsep soal cerita operasi aljabar, kesalahan karena ceroboh atau kurang cermat, binggung dan tergesah-gesah menyelesaikan soal, waktu untuk mengerjakan telah habis. Solusi untuk mengatasi kesalahan matematika adalah pembelajaran remedial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:41 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7932 |
Actions (login required)
View Item |