PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERKARAKTER ISLAMI BERBANTUAN PERMAINAN HIDE AND SEEK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Aisah, Kurnia Permata Nur (2017) PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERKARAKTER ISLAMI BERBANTUAN PERMAINAN HIDE AND SEEK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Realistic mathematics edcation, hide and seek, Karakter Islami, Pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah berbantuan permainan hide and seek, mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang dikenai pembelajaran realistic mathematics education berkarakter islami berbantuan permainan hide and seek lebih baik dari yang dikenai pembelajaran realistic mathematics education berkarakter islami, dan mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran realistic mathematics education berkarakter islami berbantuan permainan hide and seek mencapai kriteria minimal 75. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs At-Thosari kalirejo yang berjumlah 64 orang. Ditentukan pada kelas eksperimen pada kelas VII A sebanyak 21 siswa, kelas kontrol VII B dengan 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan test. Terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas antara kelas eksperimen dan kontrol untuk mengetahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari varian yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa diperoleh menggunakan uji statistik regresi linier sederhana dengan persentase sebesar 72,5% berkategori sedang. Pada distribusi t diperoleh nilai sig. Nilai kelompok thitung = 4.431> ttabel = 1,725 dengan probabilitas sig. 0,000 < 0,05. Ini berarti variabel aktivitas siswa mempunyai hubungan linier terhadap kemampuan pemecahan masalah. Pengaruh aktivitas siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah diperoleh persamaan Y=-27,055+1,484X. Nilai Fhitung = 19,635 > Ftabel = 4,38 dengan probabilitas nilai sig. Sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R square 0,508= 50,8%, ini berarti 50,8% variasi yang terjadi didalam Y dapat dijelaskan oleh X melalui model regresi Y=-27,055+1,484X, sedangkan 49,2% nya dipengaruhi oleh variabel lain. Rata – rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 82,62. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 68,25. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education berkarakter islami berbantuan permainan hide and seek pada pembelajaran dapat dikatakan lebih baik dari pembelajaran realistic mathematics education berkarakter islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:41
Last Modified: 24 Nov 2017 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7929

Actions (login required)

View Item View Item