PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASIS ETNOMATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT

Prakosa, Bima Sakti (2017) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASIS ETNOMATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)

Abstract

Kata Kunci :Picture And Picture, Etnhomathematics, Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat model pembelajaran picture and picture berbasis etnhomathematics dapat mencapai kategori baik yaitu minimal 75 (skala 0-100). (2) Untuk mengetahui bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang dikenai model pembelajaran picture and picture berbasis etnhomathematics lebih baik dari siswa yang hanya dikenai metode konvensional. (3) untuk mengetahui bahwa sikap kreatif siswa yang dikenai model pembelajarn picture and picture berbasis etnhomathematics dapat mempunyai peningkatan kemampuan masalah pada pokok bahasan segiempat. Penelitian ini merupukan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Hidayatus Syubban Semarang tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini VII A sebagai kelas eksperimen, VII B sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas uji coba. Data penelitian tersebut diperoleh melalui metode observasi dan metode tes, metode observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa dalam kemampuan pemecahan masalah dan metode tes digunakan untuk memperoleh data dalam kemampuan pemecahan masalah dalam mengerjakan soal. Sebelumnya dilakukan uji validitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, data yang di peroleh dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan: (1) bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Picture and picture berbasis etnhomathematics meningkat cukup signifikan yaitu sebesar 79,18 yang termasuk dalam kategori baik. (2) mean hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol yaitu79,18 dan 77,76. (3) Hasil rata-rata pencapaian aspek nilai aktivitas siswa secara umum pada kelas eksperimen adalah 77,3%. Diartikan bahwa nilai aktivitas siswa cukup tinggi dengan persamaan regresi Y ̂ = 18,085+0,742x. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen mencapai kategori baik yaitu 75 pada siswa kelas VII MTs Hidayatus Syubban Semarang pada tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:41
Last Modified: 24 Nov 2017 02:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7927

Actions (login required)

View Item View Item