Indriana, Reza (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE MELALUI MEDIA GAMBAR POSTER BERMUATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: Keterampilan menulis puisi, model TTW, dan media gambar poster bermuatan pendidikan multikultural. Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu materi yang harus dipelajari siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang. Selain guru yang berkompeten, juga diperlukan model dan media yang tepat dalam pembelajaran menulis puisi. Rata-rata nilai kelas prasiklus belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Maka diperlukan model TTW dan media gambar poster bermuatan pendidikan multikultural untuk meningkatkan nilai siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana peningkatan hasil belajar, (2) bagaimana peningkatan sikap belajar, dan (3) bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang dalam menulis puisi dengan model TTW dan media gambar poster bermuatan pendidikan multikultural. Tujuan penelitian ini untuk mendeskipsikan peningkatan hasil belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan sikap belajar siswa, dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa. Prosedur penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang. Variabel penelitian ini adalah menulis puisi bertemakan Pendidikan Multikultural, model TTW, dan media gambar poster bermuatan pendidikan multikultural. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik tes dan nontes, yang terdiri atas pengamatan atau observasi, wawancara, kuesioner atau angket dan dokumentasi foto. Hasil tes tahap prasiklus mencapai nilai rata-rata sebesar 42,58, pada tahap siklus I mencapai rata-rata 58,64 pada tahap siklus II mencapai nilai rata-rata 59,70, dan pada tahap siklus III mencapai nilai rata-rata 76,06. Sedangkan hasil nontes sikap belajar tahap prasiklus nilai rata-rata 53,19, tahap siklus I nilai rata-rata 54,20,tahap siklus II nilai rata-rata dan tahap siklus III nilai rata-rata 56,12. Hasil motivasi siswa pada tahap prasiklus nilai rata-rata 54,83, pada tahap siklus I nilai rata-rata 58,51 dan pada tahap siklus II nilai rata-rata 58,93 dan pada siklus III nilai rata-rata 64,54. Berdasarkan hasil tes dan nontes, nilai siswa meningkat. Siswa juga lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan model TTW dan media gambar poster bermuatan pendidikan multikultural. Oleh karena itu, hendaknnya guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 32 Semarang menerapkan model TTW dan media gambar poster bermuatan pendidikan multikultural dalam pembelajaran menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:40 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7921 |
Actions (login required)
View Item |