Ulya, Nurul Hidayatul (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA FLIP CHART PERISTIWA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VIII BMTs AL ANWAR MRANGGEN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
1.COVER.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: keterampilan menulis teks berita, model concept sentence, media flip chart peristiwa, pendidikan karakter Menulis berita merupakan salah satu aspek keterampilan yang harus dikuasai siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis yang disebabkan oleh siswa kurang menyukai dengan pembelajaran menulis berita, karena siswa merasa kebingungan dengan yang ingin ditulis, kesulitan dalam kelengkapan unsur berita, kesesuaian isi dengan tema, serta kesulitan dalam merangkai kalimat. Berdasarkan rendahnya keterampilan menulis berita, maka permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII B MTs Al Anwar Mranggen dengan model concept sentence dan media flip chart peristiwa bermuatan pendidikan karakter 2)Bagaimana peningkatan sikap siswa kelas VIII B MTs. Al Anwar Mranggen setelah dilakukan pembelajaran menulis teks berita dengan model concept sentence dan media flip chart peristiwa. 3)Bagaimana peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan model concept sentence dan media flip chart peristiwa bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas VIII BMTs Al Anwar Mranggen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs. Al Anwar Mranggen. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen tes dan non tes. Instrumen tes meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil dari teknik analisis data dapat diketahui dengan penggunaan model concept sentence dan media flip chart peristiwa bermuatan pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 64,34, siklus I meningkat menjadi 74,19, pada siklus II rata-ratanya mencapai84,56 dan siklus III mengalami peningkatan menjadi 87,82. Peningkatan sikap siswa mulai dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan ke arah yang sangat baik. Peningkatan motivasi siswa mulai dari tahap prasiklus, siklus I, siklus II hingga siklus III mengalami peningkatan dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:39 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7917 |
Actions (login required)
View Item |