STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN NUMBER HEAD TOGETHER MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII

Sofiyana, Rista (2015) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN NUMBER HEAD TOGETHER MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Sofiyana, Rista. 2015. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament dan Number Head Together Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, M.Pd. ; II. Nila Ubaidah, M.Pd. Kata kunci : studi komparasi, pembelajaran matematika, TGT, NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan tipe Number Head Together, mengetahui adanya pengaruh positif aktivitas terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Sampel penelitian ini adalah diambil tiga kelas secara acak dari kelima kelas yaitu kelas VIII B, VIII C, VIII D. Kelas VIII B sebagai kelas uji coba, kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen I (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament), dan kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen II (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together). Data penelitian diperoleh melalui: (1) observasi, (2) tes kemampuan kognitif. Untuk mengetahui pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar digunakan uji analisis regresi linier, untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar digunakan uji banding (uji Paired Samples T-Test), uji ketuntasan (KKM) hasil belajar dengan uji One sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan tipe Number Head Together pada materi persamaan garis lurus semester I kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini terbukti pada analisa akhir dengan uji Paired Samples T-Test yaitu diperoleh t_hitung=-2,128 dan -t_tabel=-2,04 sehingga t_hitung<-t_tabel. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian adalah pembelajaran pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan terdapat pengaruh positif antara aktivitas terhadap hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament maupun model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item