KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION DENGAN KOMBINASI SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI LOGIKA MATEMATIKA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS X

Safii, Amaludin (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION DENGAN KOMBINASI SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI LOGIKA MATEMATIKA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS X. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMALUDIN SAFII (422110003)_1daftar isi.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Safii, Amaludin. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition Dengan Kombinasi Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Materi Logika Matematika Pada Siswa Madrasah Aliyah. Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II. Mohamad Aminudin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Auditory Intellectual Repetition , Snowball Throwing, Prestasi Belajar, Logika Matematika. Salah satu indikator keberhasilan belajar siswa adalah tinggi rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Prestasi belajar adalah bukti keberhasilan siswa yang diwujudkan dalam nilai tes setelah melalui proses belajar yang mencakup bidang kongnitif, afektif dan psikomotorik. Tinggi rendahnya prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, dimana faktor yang paling dominan yaitu guru, siswa dan model pembelajaran. Upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal salah satunya dengan memilih model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan kombinasi Snowball Throwing yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA As-Samaniyah Demak kelas X yang berjumlah 84 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara random kelas (acak), untuk kelas eksperimen sebanyak 20 siswa menggunakan model pembelajaran AIR dengan kombinasi Snowball Throwing dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda kemudian diberikan tes akhir yaitu tes prestasi belajar matematika. Dari hasil tes yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif yaitu untuk mengetahui rata-rata nilai prestasi belajar matematika kedua sampel dan dilanjutkan dengan melakukan analisis uji hipotesis yaitu uji normalitas dengan uji Chi Kuadarat, uji homogenitas dengan uji Levene, dan uji t untuk menjawab rumusan masalah dari penelitian. Hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persamaan regresi = 29,655 + 0,497 + 0,795 dengan nilai R 2 (indeks determinasi) sebesar 98,1%, dan rata-rata kelas eksperimen = 82,36 dan rata-rata kelas kontrol = 78,81. Uji hipotesis yang digunakan yaitu nilai p value melalui perhitungan statistik sebesar 0,000 di mana < 0,05. Karena < 0,05 maka perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 0,05. Karena t hitung > t , maka tolak Ho dan terima Ha. Artinya terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa tabel yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition kombinasi Snowball Throwing dengan yang hanya menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:52
Last Modified: 24 Aug 2015 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item