STRUKTURALISME DALAM KUMPULAN CERPEN KOMPAS TAHUN 2013 DAN RELEVANSINYANYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK KELAS X SMA

Yani, Mia Januarti Indri (2015) STRUKTURALISME DALAM KUMPULAN CERPEN KOMPAS TAHUN 2013 DAN RELEVANSINYANYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIA JIY1.._1abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIA JIY1.._1daftar isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIA JIY1.._1cover.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Yani, Mia Januarti Indri. 2015. Strukturalisme dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 dan Relevansinya dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Kelas X SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I Evi Chamalah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Septi Yulisetiani, M.Pd. Kata kunci: Strukturalisme, cerita pendek, dan pengajaran. Penelitian ini mengenai Strukturalisme dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 dan Relevansinya dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Kelas X SMA merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah strukturalisme dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 serta relevansi strukturalisme Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 dalam pembelajaran menulis cerita pendek kelas X SMA. Tujuan yang dicapai yakni mendeskripsikan strukturalisme dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 serta mendeskripsikan relevansi strukturalisme Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 dalam pembelajaran menulis cerita pendek kelas X SMA. Data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan wacana yang merepresentasikan struktur pembangun dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013. Sumber data diambil dari Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013. Peneliti memilih 13 judul dari 23 judul cerpen sebagai sumber data dalam penelitian ini. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Pengecekkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif. Metode analisis interaktif digunakan untuk menganalisis strukturalisme dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 melalui proses pengumpulan data sebagai suatu proses siklus secara keseluruhan antara pengumpulan data, sajian data, reduksi data, dan penarikan simpulan atau verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua simpulan. Pertama, dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 terdapat tema politik, tema cinta, tema keluarga dan tema religi. Adapun alur yang digunakan dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 ada alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Tokoh/penokohan dalam cerpen ini terdiri atas tokoh antagonis dan tokoh protagonis, sedangkan sudut pandang yang digunakan yaitu sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama, sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingan, dan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Latar dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 sebagian besar terjadi di Indonesia namun ada satu yang menggunakan latar di Amerika. Gaya bahasa/majas dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 ini menggunakan majas personifikasi, simile, sarkasme, hiperbola, alegori, dan sinekdok. Adapun amanat dalam Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 meliputi pesan moral untuk masyarakat. Kedua, Kumpulan Cerpen Kompas Tahun 2013 relevan dengan pembelajaran menulis cerpen karena terdapat banyak cerpen dengan berbeda pengarang hingga memiliki strukur yang berbeda pula tiap cerpennya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:52
Last Modified: 24 Aug 2015 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item