STUDY ON USING OF SARANG LABA-LABA FOUNDATION FOR THE SUBGRADE OF PAVEMENT

ADHITYA, BELLA WIGA and MARDIKASARI, AULINA (2016) STUDY ON USING OF SARANG LABA-LABA FOUNDATION FOR THE SUBGRADE OF PAVEMENT. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada teknik jalan raya, tanah montmorillonite atau tanah lempung ekspansif berarti suatu masalah. Ruas jalan Semarang – Purwodadi yang struktur perkerasan jalannya diletakkan di atas tanah montmorillonite selalu mengalami kerusakan yang berupa penurunan permukaan perkerasan jalan. Berbagai usaha untuk mengatasi masalah kerusakan jalan telah dilakukan, di antaranya dengan membangun vertical sand drain, menstabilisasi tanah, menggunakan geotextille dan geomembrane, namun sejauh ini hasilnya tidak memuaskan, dan penurunan pada perkerasan jalan masih terus terjadi. Di dalam Tugas Akhir ini akan dikaji kelayakan pondasi sarang laba – laba untuk dipergunakan sebagai pengganti lapis tanah dasar dari struktur perkerasan. Konstruksi pondasi SLL berupa rib-rib beton bertulang setebal 15-20 cm, dengan kedalaman 1,5 - 2,5 m.Tanah diantara rib-rib tidak diganggu sehingga tidak ada perubahan di sifat tanah. Peningkatan kekuatan tanah di dalam pondasi saran laba-laba dihitung dengan modifikasi menggunakan teori Terzaghi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa daya dukung tanah tanah yang diukur dengan CBR di dalam pondasi sarang laba-laba meningkat menjadi 5% dari CBR tanah asli yang hanya sebesar 1% atau meningkat 400%. Di samping itu dengan menggunakan pondasi sarang laba – laba ketebalan lapis struktur perkerasan juga lebih tipis dibandingkan dengan ketebalan lapisan perkerasan jalan di atas tanah dasar asli. Dari perhitungan tebal perkerasan dengan menggnakan metode AASHTO 1993 didapatkan tebal lapis perkerasan jalan dengan menggunakan pondasi sarang laba-laba sebagai tanah dasar adalah 20 cm untuk lapis permukaan dan 20 cm untuk lapis pondasi atas, dan tidak diperlukan lapis pondasi bawah. Sedangkan untuk lapis perkerasan dengan tanah asli sebagai tanah dasar, diperlukan lapis permukaan setebal 20 cm, lapis pondasi atas setebal 15 cm dengan lapis pondasi bawah 65 cm. Dapat disimpulkan bahwa pondasi sarang laba-laba layak untuk dipergunakan sebagai tanah dasar perkerasan jalan, dan menghasilkan perkerasan jalan yang awet dan ekonomis. Kata kunci: Tanah dasar, perkerasan jalan, montmorillonite, deformasi permanen, pondasi sarang laba – laba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:47
Last Modified: 03 Jan 2017 01:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6595

Actions (login required)

View Item View Item