PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGROTO 01

Lutfiani, Amalia (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Tanggung jawab dan nilai belajar siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subyek siswa kelas V B SD Negeri Karangroto 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, angket, dokumentasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab pada siklus I ke siklus II, pada siklus I ketuntasan klasikalnya adalah 67,76% dengan kategori bertanggung jawab dan siklus II ketuntasan klasikalnya adalah 83,44% dengan kategori sangat bertanggung jawab. Adanya peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dan aktivitas guru, dimana aktivita siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 3 dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh rata-rata 4 dengan kategori baik. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dimana siklus I memperoleh rata-rata 2,9 dengan kategori cukup dan siklus II memperoleh rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian aktivitas siswa dan aktivitas guru dapat mempengaruhi nilai belajar siswa dilihat dari peningkatannya yaitu pada siklus I adalah 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan penelitian ini yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar dalam pembelajaran IPA. Saran penelitian ini sebaiknya guru menerapkan model inovatif atau menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Tanggung jawab, Nilai belajar, Model Pembelajaran Contextaul Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:28
Last Modified: 03 Jan 2017 01:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6510

Actions (login required)

View Item View Item