PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SD ISLAM DARUL HUDA

Arofi, Tria Dewi (2016) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SD ISLAM DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn melaluipembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) di kelasV SD Islam Darul Huda, kecamatan Genuk, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan aspek kedisiplinan siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1presentasekedisiplinan siswa 54,69% dengan kategori kurang, siklus I pertemuan 2 presentase kedisiplinan siswa 60,21% dengan kategori cukup. Siklus II pertemuan 1 kedisiplinan siswa 79,72% dengan kriteria baik, siklus II pertemuan 2kedisiplinan siswa meningkat dibandingkan pertemuan sebelumnya, pada siklus II pertemuan 2 mendapatkan presentase 89,31% dengan kategori sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Prestasi belajar PKn juga mengalami peningkatan melaluipembelajaran kooperatif TGT. Pada siklus I rata-rata nilai siswa 66,2 dengan presentase ketuntasan sebesar 55,17% hal ini belum mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 75%, pada siklus II mendapatkan rata-rata pestasi belajar siswa 79,82 dengan presentase ketuntasan 79,31% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwapembelajaran kooperatifTGTdapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar di kelas V SD Islam Darul Huda. Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar, TGT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:28
Last Modified: 03 Jan 2017 01:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item