Arofi, Tria Dewi (2016) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SD ISLAM DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
|
Text
COVER_1.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn melaluipembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) di kelasV SD Islam Darul Huda, kecamatan Genuk, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan aspek kedisiplinan siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1presentasekedisiplinan siswa 54,69% dengan kategori kurang, siklus I pertemuan 2 presentase kedisiplinan siswa 60,21% dengan kategori cukup. Siklus II pertemuan 1 kedisiplinan siswa 79,72% dengan kriteria baik, siklus II pertemuan 2kedisiplinan siswa meningkat dibandingkan pertemuan sebelumnya, pada siklus II pertemuan 2 mendapatkan presentase 89,31% dengan kategori sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Prestasi belajar PKn juga mengalami peningkatan melaluipembelajaran kooperatif TGT. Pada siklus I rata-rata nilai siswa 66,2 dengan presentase ketuntasan sebesar 55,17% hal ini belum mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 75%, pada siklus II mendapatkan rata-rata pestasi belajar siswa 79,82 dengan presentase ketuntasan 79,31% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwapembelajaran kooperatifTGTdapat meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar di kelas V SD Islam Darul Huda. Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar, TGT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:28 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6509 |
Actions (login required)
View Item |