PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD ISLAM AL FATTAH

Masrurah, Ulfatun (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS IV SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematik dan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Togetherdi kelas IV SD Islam Al Fattah Kecamatan Gayamsari Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes yang berupa soal evaluasi dan teknik non tes, dengan observasi dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdapat dua pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data untuk mengukur komunikasi matematik siswa dengan menggunakan lembar observasi dan menggunakan soal evaluasi, sedangkan untuk menilai hasil belajar menggunakan soal evaluasi. Hasil observasi komunikasi matematik pada siklus I pertemuan 1 diperoleh presentase 56,3% dan siklus I pertemuan II menjadi 66,0% dengan kriteria baik, kemudian pada siklus II pertemuan I memperoleh presentase 80,5%, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria sangat baik.. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang semula 52,40% dengan rata – rata nilai 69,1. Kemudian mengalami kenaikan pada siklus II menjadi sebesar 92,85% dan rata rata yang dicapai sebesar 85 dengan kriteria sanagat baik. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan komunikasi matematik dan hasil belajar Mateematika kelas IV SD Islam Al Fattah. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematik , Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:26
Last Modified: 03 Jan 2017 01:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item View Item