Wulan, Rinata Ambar (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS IV SD NEGERI ADINUSO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (32kB) | Preview |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
||
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
||
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
IPA mempelajari alam semesta sehingga mengajarkan siswa agar peduli terhadap alam. Hasil pengamatan di SD Negeri Adinuso 01 hasil belajar siswa kelas IV rendah. Proses pembelajaran berfokus pada guru, siswa pasif dan cepat bosan sehingga pembelajaran tidak bermakna. Pembelajaran role playing merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap daratan melalui metode role playing di kelas IV SD Negeri Adinuso 01. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Adinuso 01 berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa setiap siklusnya. Hasil belajar kognitif siswa siklus I diperoleh 62,88 dengan kategori cukup dan ketuntasan belajar klasikal 38,47% dengan kategori rendah meningkat di siklus II menjadi 82,31 dengan kategori baik dan 92,31% dengan kategori sangat. Hasil belajar afektif rata-rata siklus I 2,56 dengan kategori baik dan siklus II 3,31 dengan kategori sangat baik. Skor penilaian individual sudah ada 23 siswa yang mendapat skor dengan kriteria sangat baik dan mencapai 88,46%. Hasil belajar psikomotor rata-rata siklus I 2,52 dengan kategori baik dan siklus II 3,32 dengan kategori sangat baik. Skor penilaian individual sudah ada 21 siswa yang mendapat skor dengan kriteria sangat baik dan mencapai 80,77%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap daratan di kelas IV SD Negeri Adinuso 01. Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Role Playing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 07:05 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 07:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6450 |
Actions (login required)
View Item |