PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE OUTDOOR STUDY DI KELAS V SD NEGERI BANJARSARI 2

Majid, Hadi Ihsanul (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE OUTDOOR STUDY DI KELAS V SD NEGERI BANJARSARI 2. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Rasa ingin tahu sangat penting dimiliki oleh setiap siswa. Namun, siswa Kelas V SD Negeri Banjarsari 2kurang memiliki rasa ingin tahu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanrasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa Kelas V SDNegeriBanjarsari 2 dalam pembelajaranIPA melalui penerapan metode pembelajaran outdoor study dan mengetahuibesar peningkatannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa Kelas V SD Negeri Banjarsari 2. Data rasa ingin tahu siswa diambil dari angket rasa ingin tahu. Sedangkan data prestasi belajar diperoleh dari lembar soal pretestpostest dan perbandingan antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu siswa kelas V SDNegeri Banjarsari 2 meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor study. Pada siklus I presentaserasa ingin tahu siswa 66,58%. Pada siklus II rasa ingin tahu siswa meningkat dibandingkan siklus I, pada siklus II mendapatkan presentase81,74% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Prestasi belajar IPA juga mengalami peningkatan melalui metode pembelajaran outdoor study. Pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa 6,27 dengan presentasi ketuntasan sebesar 50% hal ini belum mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 74%, pada siklus II mendapatkan rata-rata pestasi belajar siswa 7,64 dengan presentase ketuntasan 83,86% yang sudah mencapai indikator keberhasilan. Kata Kunci : rasa ingin tahu, prestasi belajar, outdoor study

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:04
Last Modified: 30 Dec 2016 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6439

Actions (login required)

View Item View Item