KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI MATRIKS

Apriani, Erma (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI MATRIKS. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (999kB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Index Card Match, Kemampuan Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui pembelajaran Index Card Match, perbedaan kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan pembelajaran Index Card Match dengan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), serta pengaruh antara aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu dari keenam kelas diambil kelas X Administrasi 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Administrasi 2 sebagai kelompok kontrol. Dengan variabel bebasnya adalah aktivitas belajar siswa, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan komunikasi siswa. Analisis penelitian ini adalah: 1) uji t satu sampel, 2) uji t dua sampel, 3) uji regresi linier. Pengumpulan data menggunakan metode observasi/pengamatan dan metode tes (pretest dan posttest). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan kemampuan komunikasi siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Index Card Match. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai rata-rata posttestnya adalah 75,55 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM 75. 2) terdapat perbedaan hasil kemampuan komunikasi siswa kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini di lihat dari tabel Group Statistics bahwa kelas eksperimen memiliki mean sebesar 75,55 dan kelas kontrol memiliki mean sebesar 72,45. Perbedaan mean kedua kelas tersebut sebesar 3,10. Kemudian dilanjutkan pada tabel Independent Sampel Test pada kolom Sig. (2-taile) menunjukkan angka 0,024 5% atau karena diperoleh nilai thitung = 2,304 ttabel 2,035 maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan penggunaan perlakuan yang berbeda secara signifikan menghasilkan rata-rata tes kemampuan komunikasi yang berbeda pula. 3) terdapat pengaruh antara aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi siswa pada pembelajaran Index Card Match. Dengan nilai R sequare sebesar 0,820 = 82. Ini berarti 82% variasi yang terjadi di dalam Y dapat dijelaskan oleh X melalui model regresi "Y" ̂=4.322 +0,891x sedangkan 18% nya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:19
Last Modified: 30 Dec 2016 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6382

Actions (login required)

View Item View Item