PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Ariyanto, Candra Widi (2016) PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : Pengaruh Percaya Diri, Pembelajaran Problem Based Learning, Prestasi Belajar, Trigonometri. Kurangnya percaya diri siswa dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Pemahaman siswa materi trigonometri yang kurang membuat siswa cenderung pasif, sehingga diperoleh pembelajaran matematika yang tepat untuk penelitian, salah satu nya adalah Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif percaya diri siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Problem Based Learning, mengetahui prestasi belajar siswa pada materi Trigonometri dalam pembelajaran Problem Based Learning dapat mencapai mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 77. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Bae Kudus semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 315 siswa. Sampel penelitian ini diambil dua kelas secara acak yaitu kelas X - 9 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X - 8 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melaluiobservasi, tes dan dokumentasi. Variabel bebas penelitian ini adalah Percaya Diri Siswa dan variabel terikatnya adalah Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan uji pengaruh (uji regresi linear), uji banding (uji t satu sampel), uji ketuntasan hasil kemampuan penalaran matematis (uji One sample Statistic). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh percaya diri terhadap prestasi belajar siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning dengan mean percaya diri sebesar 84,571%, menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar siswa menggunaan model pembelajaran problem based learning dengan materi trigonometri lebih besar dari nilai KKM yaitu 77 sudah mencapai atau lebih, dengan nilai mean pada tabel one sample statistics adalah 77,86.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:19
Last Modified: 30 Dec 2016 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6378

Actions (login required)

View Item View Item