PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MEDIA BAGAN ARUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rosadi, Anisa Betris (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MEDIA BAGAN ARUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Menulis Teks Prosedur Kompleks, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Bagan Arus. Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang juga penting dibanding keterampilan berbahasa yang lain. Keterampilan menulis juga harus ditingkatkan terutama pada siswa kelas X MAN 2 Semarang. Keterampilan siswa kelas X dalam menulis, terutama menulis teks prosedur kompleks masih belum mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan guru. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu kurang adanya minat siswa untuk belajar Bahasa Indonesia, siswa kurang memahami struktur dan hakikat teks prosedur kompleks, siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran yang dilakukan, tidak adanya variasi dalam pembelajaran seperti digunakannya media untuk membantu siswa memahami materi yang diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan model dan media dalam pembelajaran. Model pembelajaran inovatif yang digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah. Selain model, untuk menunjang keberhasilan dalam peningkatan keterampilan menulis teks prosedur kompleks adalah digunakannya media yang menarik dan merangsang siswa untuk berpikir, media yang digunakan adalah media bagan arus. Pada penelitian ini membahas permasalahan tentang bagaimana proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks menggunakan model pembelajaran berbasis masalah melalui media bagan arus, bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks prosedur kompleks melalui model pembelajaran berbasis masalah dan media bagan arus, bagaimana perubahan perilaku siswa setelah diterapkan model pembelajarana berbasis masalah dan media bagan arus saat pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Pada penelitian ini digunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur kompleks kelas X-3 MAN 2 Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis berupa penugasan menulis teks prosedur kompleks, sedangkan teknik nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif menunjukkan hasil tes menulis teks prosedur kompleks, sedangkan data kualitatif menunjukkan proses pembelajaran dan perubahan perilaku siswa. Hasil penelitian pada proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan media bagan arus telah berpengaruh dan terjadi peningkatan lebih baik. Berdasarkan data tes nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 64,78 dan mengalami peningkatan sebesar 16,96% menjadi 75,92 pada siklus I. Kemudian pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat sebesar 6,98% menjadi 83,89. Berdasarkan hasil nontes, siswa juga mengalami perubahan perilaku ke arah positif. Siswa terlihat semakin serius dan bersungguh-sungguh dalam belajar. Suasana kelas yang semula kurang kondusif berganti dengan suasana kelas yang lebih kondusif dan menyenangkan. Selain itu, siswa yang semula pasif berubah menjadi aktif saat mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan media bagan arus. Siswa tidak merasa jenuh dan lebih bersemangat dalam menyampaikan pendapat maupun mengajukan pertanyaan pada guru. Model pembelajaran berbasis masalah dengan media bagan arus mampu meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kompleks. Penelitian menggunakan model dan media ini juga mampu mengubah perilaku siswa kelas X-3 MAN 2 Semarang kearah yang lebih positif. Berdasarkan hasil penelitian, guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan media bagan arus untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kompleks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:25
Last Modified: 30 Dec 2016 03:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item