PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA KARTU FOTO PADA SISWA KELAS VIII MTs IBROHIMIYYAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK

Iriana, Alifah Septia (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA KARTU FOTO PADA SISWA KELAS VIII MTs IBROHIMIYYAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Keterampilan menulis teks berita, model Examples Non Examples, media Kartu Foto. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia diketahui bahwa tingkat keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak masih dikatakan rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 73. Rendahnya keterampilan menulis teks berita disebabkan karena adanya beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran, yaitu guru dan siswa. kendala lain juga dipengaruhi pada penggunaan model dan media yang kurang tepat. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis teks berita tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang mempermudah siswa dan meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. model yang digunakan adalah model Examples Non Examples dan media yang digunakan adalah media Kartu Foto. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah pembelajaran menulis teks berita sebelum dilakukan penerapan model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto, (2) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto (Karto) pada siswa kelas VIII MTs Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak, (3) bagaimanakah peningkatan pembelajaran menulis teks berita melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto pada siswa kelas VIII MTs Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak, (4) bagaimanakah perubahan sikap siswa kelas VIII MTs Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto, (5) bagaimanakah peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran menulis teks berita melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto. berkaitan dengan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis teks berita sebelum dilakukan penerapan model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto pada siswa kelas VIII MTs Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak, (3) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulis teks berita melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto pada siswa kelas VIII MTs Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak, (4) mendeskripsikan perubahan sikap siswa kelas VIII MTs Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto pada siswa kelas VIII MTs Ibrohimiyyah Brumbung Mranggen Demak, (5) mendeskripsikan peningkatan kinerja guru melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto. Berdasarkan hasil analisis data pada prasiklus, siklus I, dan siklus II diketahui bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata yang didapatkan oleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 59,30 termasuk dalam kategori cukup. nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,30 termasuk dalam kategori cukup. dan pada siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 77,08 termasuk dalam kategori baik. Terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 7 dan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 10,78. Peningkatan keterampilan menulis teks berita diikuti dengan perubahan sikap siswa kearah yang lebih baik dan positif. Kemudian peningkatan kinerja guru melalui model Examples Non Examples dengan media Kartu Foto bahwa guru/ peneliti telah siap menerapkan pembelajaran hal tersebut terlihat dari persiapan, penyampaian pembelajaran, dan metode yang pembelajaran. Dari hasil perhitungan skor yang diperoleh bahwa peningkatan kinerja guru telah mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:23
Last Modified: 30 Dec 2016 03:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item