ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIMANAJEMEN LABA PADA INITIAL PUBLIC OFFERING DI INDONESIA

Triaji, Moch. Fajar Arif (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIMANAJEMEN LABA PADA INITIAL PUBLIC OFFERING DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum perdana.Ketika prospektus merupakan informasi satu-satunya yang dapat digunakan oleh investor dalam memutuskan investasi pada perusahaan yang sedang IPO, informasi asimetri antar manajemen dengan pihak eksternal perusahaan tinggi. Informasi asimetri yang tinggi tersebut memberi peluang kepada manajemen melakukan manajemen laba dengan tujuan meningkatkan kemakmurannya (Utility). Earning management (manajemen laba) merupakan tindakan manajemen yang berupa campur tangan dalam proses penyusunan laporan keuangan dengan maksud untuk meningkatkan kesejahteraanya secara personel maupun meningkatkan nilai perusahaan. Manajemen laba diduga muncul atau dilakukan oleh manajer atau para pembuat laporan keuangan dalam proses pelaporan keuangan suatu organisasi karena mereka mengharapkan suatu manfaat dari tindakan yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi terjadinya manajemen laba pada seluruh perusahaan publik yang terdaftar di PT Bursa Efek Indonesia yang melakukan IPO pada periode 2009 sampai dengan 2014. Faktor-faktor tersebut adalah kualitas audit, arus kas, ukuran perusahaan, perubahan laba dan leverage. Penelitian ini awalnya menggunakan sampel 125 perusahaan, namun karena ada 12 perusahaan yang memiliki data outlier sehingga sampel dalam penelitian ini menjadi 113 perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hanya kualitas audit dan leverage yang tidak punya pengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan arus kas, ukuran perusahaan, dan perubahan laba berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Secara bersama-sama kualitas audit, arus kas,ukuran perusahaan, perubahan laba, dan leverageberpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata kunci : Initial Public Offering (IPO), manajemen laba, kulaitas audit, arus kas,ukuran perusahaan, perubahan laba, dan leverage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Dec 2016 07:56
Last Modified: 08 Dec 2016 07:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item View Item