SETIAWAN, FEBRIAN ARIF (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN SISTEM E-FILLING OLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PENYAMPAIAN SPT MASA SECARA ONLINE DAN REALTIME(Studi Kasus pada KPP Pratama Semarang Candisari 2014). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
FEBRIAN ARIF SETIAWAN--31401204528_1abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
FEBRIAN ARIF SETIAWAN--31401204528_1cover.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
FEBRIAN ARIF SETIAWAN--31401204528_1daftar isi.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penerimaan pajak merupakan sumber pendapatan negara yang semakin hari semakin penting. Berbagai terobosan yang terkait dengan aplikasi Teknologi Informatika dalam kegiatan administrasi perpajakan terus dilakukan guna meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan kepada Wajib Pajak. Berdasarkan hal tersebut maka diperkenalkanlah Electronic Filing System untuk memudahkan Wajib Pajak dalam menyampaikan Surat Pemberitahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-filling khususnya di Kota Semarang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen yaitu intensitas perilaku dalam penggunaan e-filling sedangkan variabel independennya yaitu persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, Sikap,dan Kesiapan teknolgi informasi wajib pajak Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 100 orang. Instrumen berupa kuesioner digunakan untuk mendapatkan data penelitian. Dan teknik pengujian analisis regresi linier berganda digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian. Metode pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Subyek Penelitian adalah wajib pajak pribadi di wilayah Kantor Pajak Pratama Semarang Candisari. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Models (TAM) dengan menggunakan program SPSS. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Persepsi Kegunaan berpengaruh signifikan positif terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-filling, (2) Persepsi Kemudahan berpengaruh signifikan positif terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-filling, (3) Sikap berpengaruh signifikan positif terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-filling, (4) Kesiapan Teknologi berpengaruh signifikan positif terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan Efilling, (5) Kepuasaan Wajib Pajak berpengaruh signifikan positif terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-filling. Kata Kunci: Technology Acceptance Models (TAM), E-filling, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Sikap , Kesiapan Teknologi Informasi, Kepuasan Wajib Pajak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 06:36 |
Last Modified: | 19 Aug 2015 06:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/571 |
Actions (login required)
View Item |