Akif, Zaeni Muttaqin (2016) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI BERMAIN DRAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN KALISARI 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
cover_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak_1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
bab I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
bab II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
daftar pustaka_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD. Berdasarkan observasi yang dilakukan dikelas V-B SDN Kalisari 1, ditemukan permasalahan siswa masih sulit mengikuti pembelajaran. Ini terjadi karena guru belum melaksanakan pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi bermain drama dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B, yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru, siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi bermain drama melalui model pembelajaran role playing mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I mendapatkan persentase 61.6% dengan kriteria baik, sedangkan siklus II 87.2% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa yang dinilai dari karakter rasa ingin tahu pada siklus I mendapatkan jumlah skor 174.4 dengan persentase 58.23% dengan kriteria cukup baik, pada siklus II mendapakan jumlah skor 255.54 dengan persentase 85.15% kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa yang dinilai dari hasil posttest siklus I mendapatkan skor 2710 dengan ketuntasan klasikal 80.55%, dan pada siklus II mendapatkan skor 3130 dengan ketuntasan klasikal 91.66%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivias guru, rasa ingin tahu siswa, dan prestasi siswa. Saran : guru dapat mengembangkan penerapan model role playing dengan metode demonstrasi dan eksperimen. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Role Playing, Karakter
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 03:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 03:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5401 |
Actions (login required)
View Item |