PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA KELAS IV MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI KARANGROTO 02 GENUK

Setyawan, Trijoko Bagus (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN NILAI BELAJAR IPA KELAS IV MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI KARANGROTO 02 GENUK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan Peningkatan Tanggung Jawab dan Nilai Belajar IPA Kelas IV Materi Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Scramble di SD Negeri Karangroto 02 Genuk, kota Semarang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV A SD Negeri Karangroto 02 Genuk yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes.Adanya peningkatan tanggung jawab siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh rata-rata 3,83 dengan kriteria tanggung jawab baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 4,45 dengan kriteria tanggung jawab sangat baik. Adanya peningkatan nilai belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai belajar dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 53,57%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 92,85%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble dapat meningkatkan tanggung jawab dan nilai belajar siswa kelas IV A SD Negeri Karangroto 02 Genuk. Kata kunci : tanggung jawab, nilai belajar, model pembelaran scramble

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:54
Last Modified: 11 Oct 2016 02:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item View Item