PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS IVSDI DARUL HUDA

Mutiarasari, Mei (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS IVSDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar PKn kelas IV di SDI Darul Huda melalui pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan, danada 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Darul Huda yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes evaluasi. Penelitian tindakan kelas dengan pembelajaran kooperatif team assisted individualization merupakan pembelajaran yang menyatukan antara pembelajaran kelompok dan individu.Team assisted indivualizationmemberikan beberapa manfaat, salah satunya adalah menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, serta menjadikan siswa memiliki sikap kemandirian menyelesaikan sebuah masalah dalam diskusi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata mata pelajaran PKn yaitu 59,16 dengan ketuntasan belajar sebesar 54,16%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 85,65 dengan tuntas belajar 86,95%, maka terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Kemandirian siswa pada siklus I yaitu 45,83% dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II yaitu 85,33% termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan dari penelitian diatas maka dapat dikatakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan kemandirian siswa. Dalam proses pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, guru lebih aktif memberikan motivasi dan semangat kepada siswa dan lebih diarahkan untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Kemandirian, Prestasi Belajar, Team Assisted Individualization

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:15
Last Modified: 04 Oct 2016 06:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item