PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA

Handayani, Isyeh Nurul (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (927kB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)

Abstract

Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi kurang maksimalnya pembelajaran siswa di sekolah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang masih bersifat konvensioanl yaitu ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa hanya duduk diam, melihat dan mendengarkan yang dijelaskan oleh guru. Akhirnya, motivasi siswa menurun dan hasil belajar menjadi kurang baik dan tidak memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran untuk mengaktifkan siswa agar termotivasi dalam pembelajaran serta hasil belajar menjadi lebih baik dan memuaskan. Sehingga dalam penelitian ini peneliti memilih model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruhmotivasi belajar IPA antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan model konvensional. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh hasil belajar kognitif IPA antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan model konvensional.Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Eksperimental Desaign. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV sampel yang digunakan kelas kontrol 35 dan kelas eksperimen 35 dengan menggunakan teknik sampling. Instrumen penelitian yang digunakan (1) Observasi, (2) angket, (3) Tes. Teknik analisis data hasil angket dan hasil belajar siswa dengan menggunakan uji-t.Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh motivasi belajar IPA antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Ini terbukti, bahwa hasil analisis data dengan menggunakan rumus uji-t didapatkan t_hitung=11,191>t_tabel=1,995. Hal ini berari H_0 ditolak. Demikian juga dengan hasil belajar siswa, ada pengaruh hasil belajar IPA anata kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Ini terbukti bahwa t_hitung=2,347>t_tabel=1,995, hal ini berarti H_0 ditolak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Sep 2016 03:12
Last Modified: 29 Sep 2016 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item View Item