PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA MATERI CERITA PENDEK MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SDN GEBANGSARI 01 SEMARANG

Karini, Meida (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA MATERI CERITA PENDEK MELALUI MODEL ROLE PLAYING DI KELAS V SDN GEBANGSARI 01 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (832kB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model Role Playing pada siswa kelas V SDN Gebangsari 01 Semarang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gebangsari 01 yang berjumlah 41 siswa dan objeknya adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi cerita pendek. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes. Tekhnik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita pendek. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari bertambahnya tanggung jawab belajar siswa yang berdampak pada ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada siklus I adalah 61,95 dan memiliki tingkat ketuntasan 48,78 % dengan kriteria cukup dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 71,21 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 68,29 % dengan kriteria baik. Selain dari meningkatkan hasil belajar, tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran di kelas juga ikut mengalami peningkatan, siswa lebih aktif dan antusias untuk menghafal cerita pendek. Kata Kunci : Hasil belajar Bahasa Indonesia, model Role Playing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:20
Last Modified: 29 Sep 2016 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item