PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA

Fuad, Salimatul (2016) PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Think Talk Write, Geogebra, kemampuan penalaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran siswa dalam mengaplikasikan kemampuan penalarannya pada materi trigonometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Geogebra pada materi trigonometri terhadap kemampuan penalaran siswa yang dibandingkan dengan pembelajaran dengan aplikasi model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design dimana subjek penelitiannya adalah siswa MA Tajul Ulum kelas X Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas X IAI A sebagai kelas eksperimen dan kelas X IAI B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran. Teknik analisis data menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji One sample T-Test aspek kemampuan penalaran nilai Sig (2-tailed) menunjukkan 0,049 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 ( Ho) ditolak yang menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa dikelas eksperimen lebih dari atau sama dengan nilai KKM yaitu 70. Sedangkan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) hasil analisis dengan SPSS 17 yaitu 0,001 sedangkan nilai taraf signifikansi 0,05. Ternyata Sig (2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa rata-rata tes kemampuan penalaran kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Think talk Write berbantuan Geogebra lebih baik dari pada rata-rata tes kemampuan penalaran kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran Think Talk Write berbantuan Geogebra efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi trigonometri karena hasil tes kemampuan penalaran yang diterapkan dengan pembelajaran Think Talk Write berbantuah Geogebra mencapat rata-rata 72,9 dan kemampuan penalaran siswa yang melaksanakan pembelajaran Think Talk Write berbantuan Geogebra lebih baik dari pada kemampuan penalaran siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Geogebra sebagai alternativ pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran pada materi pokok lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:18
Last Modified: 26 Sep 2016 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item View Item