KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI DETERMINAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE

Kurniawan, Danu (2016) KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI DETERMINAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk mencapai tujuan efektifnya, perusahaan harus melibatkan stakeholdernya dalam membuat keputusan. Disisi lain perusahaan membutuhkan pengakuan (legitimacy) dari para stakeholdernya untuk menjaga keberlangsungannya di masa depan atas berbagai dampak yang telah mereka lakukan. Dengan adanya pengungkapan tanggung jawab sosial (CSRD) dalam laporan tahunan perusahaan, mereka berharap dapat memenuhi kebutuhan akan informasi sekaligus mendapatkan pengakuan (legitimacy) dari para stakeholdernya, bahwa semua tindakannya telah sesuai dengan sistem norma sosial. Sehingga hubungan baik yang terjalin antara perusahaan dengan para stakeholdernya dapat terjaga. Keberagaman hasil penelitian pada beberapa kurun waktu terakhir, serta dengan adanya kewajiban pengungkapan tanggung jawab sosial yang tertulis dalam Undang-undang no 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas, memotivasi peneliti untuk menguji kembali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSRD. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan bukti empiris hubungan antara karakteristik perusahaan dan CSRD. Penelitian ini menggunakan sampel 106 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang telah dipublikasikan. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen tipe industri, ukuran perusahaan, umur perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, leverage dan likuiditas secara simultan dapat mempengaruhi CSRD. Sedangkan hasil untuk pengujian secara parsial yaitu : 1) tipe industri (high profile) berpengaruh positif signifikan terhadap CSRD, 2) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap CSRD, 3) umur perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap CSRD, 4) pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap CSRD, 5) profitabilitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap CSRD, 6) leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap CSRD, 7) likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap CSRD. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure, Karakteristik Perusahaan, Laporan Tahunan, Teori Legitimasi, Teori Stakeholder

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 Sep 2016 01:18
Last Modified: 15 Sep 2016 01:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5030

Actions (login required)

View Item View Item